Thursday, March 16, 2017

cara instal windows server2008

Pengantar
win2008Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah layanan infrastruktur inti pada setiap jaringan yang menyediakan pengalamatan IP dan informasi server DNS untuk PC klien dan perangkat lain. DHCP digunakan sehingga Anda tidak perlu memberikan alamat IP statis untuk setiap perangkat pada jaringan Anda dan mengelola isu-isu yang IP statis pengalamatan dapat membuat. Semakin banyak, DHCP sedang diperluas untuk masuk ke dalam layanan jaringan baru seperti Dinas Kesehatan Windows dan Network Access Protection (NAP). Namun, sebelum Anda dapat menggunakannya untuk layanan yang lebih maju, Anda harus terlebih dahulu menginstal dan mengkonfigurasi dasar-dasar. Mari kita belajar bagaimana melakukan hal itu.
Instalasi Windows Server 2008 DHCP Server
Instalasi Windows Server 2008 DCHP Server mudah. DHCP Server sekarang menjadi “peran” dari Windows Server 2008 – bukan komponen jendela seperti itu di masa lalu.
Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan sistem Windows Server 2008 telah terinstal dan dikonfigurasi dengan alamat IP statis. Anda perlu mengetahui jaringan Anda kisaran alamat IP, kisaran alamat IP yang Anda ingin untuk membagikan kepada klien Anda PC, alamat IP server DNS Anda, dan gateway default Anda. Selain itu, Anda ingin memiliki rencana untuk semua subnet yang terlibat, apa scopes Anda akan ingin mendefinisikan, dan apa pengecualian Anda akan ingin membuat.
Untuk memulai proses instalasi DHCP, Anda dapat mengklik Add Roles dari Initial Configuration Tasks window atau dari Server Manager Add Roles.
image0021220368821649
Gambar 1: Menambahkan Peran baru pada Windows Server 2008
Ketika Add Roles Wizard muncul, Anda dapat mengklik Next di layar itu.
Selanjutnya, pilih bahwa Anda ingin menambahkan DHCP Server Role , dan klik Next.
image0041220368821649
Gambar 2: Memilih DHCP Server Role
Jika Anda tidak memiliki alamat IP statis yang ditugaskan pada server Anda, Anda akan mendapatkan peringatan bahwa Anda tidak harus menginstal DHCP dengan alamat IP dinamis.
Pada titik ini, Anda akan mulai sedang diminta untuk informasi jaringan IP, informasi ruang lingkup, dan informasi DNS. Jika Anda hanya ingin menginstal server DHCP tanpa lingkup atau pengaturan dikonfigurasi, Anda bisa klik NEXT melalui pertanyaan-pertanyaan ini dan lanjutkan dengan instalasi.
Di sisi lain, anda dapat mengkonfigurasi Server DHCP Anda selama ini bagian dari instalasi.
Dalam kasus saya, saya memilih untuk mengambil kesempatan ini untuk mengkonfigurasi beberapa pengaturan IP dasar dan mengkonfigurasi pertama saya DHCP Scope.
Aku masih menunjukkan koneksi jaringan saya mengikat dan diminta untuk memverifikasi itu, seperti ini:
image0061220368821649
Gambar 3: Koneksi jaringan yang mengikat
Apa wizard meminta adalah, “apa antarmuka yang Anda ingin memberikan layanan DHCP pada?” Aku mengambil default dan klik Next.
Selanjutnya, saya masuk saya Parent Domain , Primary DNS Server, dan Alternate DNS Server (seperti yang Anda lihat di bawah) dan klik Next.
image0081220368821680
Gambar 4: Memasuki domain dan DNS informasi
Aku memilih untuk tidak menggunakan WINS pada jaringan saya dan saya diklik Berikutnya .
Kemudian, saya dipromosikan untuk mengkonfigurasi lingkup DHCP untuk DHCP Server baru. Saya telah memilih untuk mengkonfigurasi kisaran alamat IP dari 192.168.1.50-100 untuk menutupi 25 + Klien PC pada jaringan lokal saya. Untuk melakukan hal ini, saya mengklik add untuk menambahkan ruang lingkup baru. Seperti yang Anda lihat di bawah, saya bernama Lingkup WBC-Local, mengkonfigurasi starting dan ending IP addresses dari 192.168.1.50-192.168.1.100, subnet mask 255.255.255.0, default gateway dari 192.168.1.1, type of subnet (kabel), dan diaktifkan lingkup.
image0101220368997711
Gambar 5: Menambahkan DHCP Scope baru
Kembali ke layar Add Lingkup, saya mengklik Next untuk menambahkan ruang lingkup baru (setelah DHCP Server diinstal).
Aku memilih untuk Disable DHCPv6 stateless mode untuk server ini dan klik Next.
Kemudian, saya sudah konfirmasi saya Seleksi Instalasi DHCP (pada layar di bawah) dan mengklik Install .
image0121220368997711
Gambar 6: Konfirmasi Seleksi Instalasi
Setelah hanya beberapa detik, DHCP Server telah terinstal dan saya melihat jendela, di bawah ini:
image0141220368997727
Gambar 7: Windows Server 2008 Instalasi DHCP Server berhasil
Saya mengklik Tutup untuk menutup jendela installer, kemudian pindah ke bagaimana mengelola saya DHCP Server baru.
Cara Mengelola baru Windows Server 2008 DHCP Server
Seperti instalasi, mengelola Windows Server 2008 DHCP Server juga mudah. Kembali pada saya Windows Server 2008 Server Manager , di bawah Peran , saya mengklik baru DHCP Server entri.
image0161220368997727
Gambar 8: DHCP manajemen Server di Server Manager
Sementara saya tidak bisa mengelola DHCP Server cakupan dan klien dari sini, apa yang dapat saya lakukan adalah untuk mengelola apa peristiwa, jasa, dan sumber daya yang berhubungan dengan instalasi DHCP Server. Jadi, ini adalah tempat yang baik untuk pergi untuk memeriksa status DHCP Server dan apa peristiwa terjadi di sekitarnya.
Namun, untuk benar-benar mengkonfigurasi DHCP Server dan melihat apa klien telah memperoleh alamat IP, saya harus pergi ke MMC DHCP Server. Untuk melakukan hal ini, saya pergi ke Start à Administrative Tools à DHCP Server , seperti ini:
image0181220369217336
Gambar 9: Memulai MMC DHCP Server
Ketika diperluas keluar, MMC menawarkan banyak fitur. Berikut adalah apa yang tampak seperti:
image0201220369217336
Gambar 10: The Windows Server 2008 DHCP Server MMC
DHCP Server MMC menawarkan informasi IPv4 & IPv6 DHCP Server termasuk semua lingkup, kolam renang, sewa, pemesanan, lingkup pilihan, dan pilihan server.
Jika saya pergi ke kolam alamat dan pilihan ruang lingkup, saya dapat melihat bahwa konfigurasi yang kami buat ketika kami menginstal DHCP Server lakukan, memang, pekerjaan. Rentang alamat IP lingkup yang ada, dan begitu juga DNS Server & gateway default.
image0221220369217352
Gambar 11: DHCP Server Address Pool
image0241220369217399
Gambar 12: DHCP Server Scope Options
Jadi bagaimana kita tahu bahwa ini benar-benar bekerja jika kita tidak mengujinya? Jawabannya adalah bahwa kita tidak. Sekarang, mari kita coba untuk memastikan bekerja.
Bagaimana kita menguji Windows Server 2008 kami DHCP Server?
Untuk menguji ini, saya memiliki PC Client Windows Vista pada segmen jaringan yang sama sebagai server DHCP Windows Server 2008. Untuk amannya, saya tidak punya perangkat lain pada segmen jaringan ini.
Saya melakukan IPCONFIG /RELEASE maka IPCONFIG /RENEW dan memverifikasi bahwa saya menerima alamat IP dari server DHCP baru, seperti yang Anda lihat di bawah ini:
image0261220369217430
Gambar 13: Vista klien menerima alamat IP dari DHCP Server baru
pergi ke saya Windows 2008 Server dan memverifikasi bahwa klien Vista yang baru terdaftar sebagai client pada server DHCP. Ini memang memeriksa, seperti yang Anda lihat di bawah ini:
image0281220369217445
Gambar 14: Win 2008 Server DHCP memiliki klien Vista terdaftar di bawah Alamat Sewa
Dengan itu, saya tahu bahwa saya memiliki konfigurasi bekerja dan kita sudah selesai!
Dalam Ringkasan
Pada artikel ini, Anda belajar bagaimana untuk menginstal dan mengkonfigurasi DHCP Server di Windows Server 2008. Selama proses itu, Anda belajar apa Server DHCP adalah, bagaimana dapat membantu Anda, bagaimana cara menginstalnya, bagaimana mengelola server, dan bagaimana mengkonfigurasi pengaturan khusus DHCP server seperti DHCP Server lingkup. Pada akhirnya, kami menguji konfigurasi kita dan semuanya bekerja! Good luck mengkonfigurasi Windows Server 2008 DHCP Server!

No comments:

Post a Comment