Sunday, May 28, 2017

Berikut Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Atau Laptop Melalui Command Prompt (CMD)

Sebetulnya jika kita ingin memeriksa kondisi hardisk secara menyeluruh dan akurat maka kita meski menggunakan software khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Banyak software gratis untuk cek kondisi hardisk sekaligus memperbaikinya. Diantaranya software yang paling sering digunakan orang-orang untuk keperluan hardisk seperti cek kondisi hardisk, memperbaiki hardisk, partisi hardisk, format hardisk, adalah menggunakan Hiren’s BootCD.

Namun tahukah Anda bahwa untuk sekedar cek kondisi hardisk komputer kita bisa memanfaatkan fitur bawaan OS Windows yaitu dengan Command Prompt. Ya melalui Command Prompt atau CMD kita bisa memeriksa kondisi hardisk apakah bermasalah atau tidak.
Caranya cukup mudah, silakan Anda buka layar kerja Command Prompt (CMD) Windows dari Run dengan mengetikkan CMD > Enter. Kemudian Anda ketik kode perintah wmic diskdrive get status dan tekan EnterKalau kondisi hardisk komputer Anda tidak bermasalah maka laporannya akan muncul status OK. Status OK ini akan tampil tergantung jumlah harddrive komputer Anda. Namun jika yang tampil bukan status OK maka itu pertanda hardisk Anda sudah bermasalah dan disarankan untuk segera melakukan backup data.
Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD (2)
Sebetulnya dengan Command Prompt (CMD) ini kita bisa juga melakukan perbaikan yang terdapat pada hardisk. Walaupun dibanding dengan software Hiren’s BootCD masih lengkap fiturnya menggunakan software tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba memperbaiki hardisk dengan CMD.
Umumnya hardisk bermasalah karena adanya bad sector. Kasus bad sector ini dibagi menjadi dua yaitu bad sector fisik dan bad sector software. Nah yang akan kita perbaiki pada kasus bad sector ini adalah bad sector atau kerusakan secara software. Karena bad sector fisik kita harus mempunyai keahlian khusus dalam memperbaikinya.
Untuk memperbaiki hardisk bad sector software menggunakan CMD caranya sangat mudah. Anda buka dulu layar kerja Command Prompt seperti yang sudah saya intruksikan diatas kemudian Anda ketik kode perintah chkdsk /r /f e: dan tekan Enter. Kode chkdsk adalah kode perintah untuk pengecekan kondisi hardisk. Lalu kode /r adalah untuk memindahkan kondisi bad sector hardisk. Kemudian kode /f berfungsi untuk memperbaiki setiap bad sector yang ditemukan. Terakhir kode e adalah untuk memperlihatkan partisi hardisk komputer atau penentuan partisi mana yang akan diperbaiki.
Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD (3)
Jika tidak berhasil dengan menggunakan trik diatas atau kondisi hardisk masih saja tetap bermasalah, disarankan Anda menggunakan software Hiren’s BootCD saja. Silakan download di website resminya lalu burning ke CD/DVD dan jalankan.
Ok mungkin hanya itu saja pembahasan Cara Cek Kondisi Hardisk Melalui CMD Sekaligus Memperbaikinya. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan kondisi hardisk komputer atau laptop Anda menjadi normal. Jangan pernah malas untuk memeriksa kondisi hardisk dan juga rajinlah untuk selalu melakukan backup data penting.

No comments:

Post a Comment