Tuesday, May 16, 2017

Backup Windows Server 2008 R2


Dalam artikel ini, saya akan berbagi ilmu sedikit tentang Tutorial backup windows server pada windows server 2008 R2. kenapa saya menggunakan windows server 2008 R2? seri ini saya anggap lebih stabil dan tentunya karna pemakaian yang lama juga. kurang lebih saya telah menggunakan seri ini sekitar 4-5 tahun.

Dalam kasus ini saya hanya akan melakukan backup operation system windows server 2008 saja. mengapa demikian, karna systemnya lah yang terpenting. untuk data/filenyanya tidak saya backup karna storage/penyimpanan saya terbatas. fungsi dari backup ini sendiri adalah untuk mencegah jika suatu saat hardisk server kita error atau rusak dan tidak bisa digunakan kembali. sedangkan kita telah menghabiskan waktu yang cukup lama untuk membangun system dari windows server itu sendiri. saya sarankan untuk menyimpan hasil backup ini ke hardisk yang lain setelah membackup system dari windows server ini. fungsi dalam artikel ini juga bisa berguna ketika ingin membuat komputer server yang baru. jadi kita tidak perlu bersusah payah lagi untuk membangun system yang baru.

Berikut tutorial Backup Windows Server 2008 R2 :
1. klik start menu - administrative tools - pilih windows server backup
keterangan : disini kita bisa membuat backup otomatis dengan menggunakan backup schedule pada kolom action

2. pilih backup once. kemudian akan muncul display di bawah ini, centang different option dan klik next

3. kemudian akan muncul display dibawah ini, saya menggunakan custom
keterangan :
# Full server = maksudnya adalah pilihan untuk membackup semua file yang ada pada komputer server kita tanpa terkecuali.

4. pada display di bawah ini, centang direktori yang akan kita backup, kemudian pilih next

5. setelah itu kita tentukan tempat penyimpanan backup. pilih next


6. pilih vss copy backup, clik next dan klik backup


7. tunggu hingga proses backup selesai, proses backup sendiri memakan waktu beberapa menit tergantung besarnya file backup itu sendiri

8. jika display diatas ini muncul, langkah-langkah untuk backup windows server 2008 r2 telah selesai

No comments:

Post a Comment